Mau Tahu, Apa Penyebab Penyakit Parkinson ?

By | Oktober 3, 2016

 

Penyakit parkinson adalah penyakit yang menyerang system syaraf pada otak. System syaraf otak mengalami kemunduran sehingga mengganggu kontrol terhadap gerakan tubuh yang menyebabkan tubuh mengalami gemetar atau kaku. Penyakit ini umumnya menyerang seseorang yang sudah berusia lanjut antara usia 50 sampai 65 tahun dan lebih banyak menyerang laki-laki dibandingkan wanita.

Penyebab penyakit parkinson tidak bisa diketahui secara pasti, karena kemunduran sistem syaraf di usia senja bisa beragam sumbernya. Namun apabila dalam silsilah keluarga ada yang menderita parkinson, maka seseorang harus mewaspadai gejalanya sejak dini.

Inilah Penyebab Penyakit Parkinson dan Ciri-cirinya

Seperti di uraikan di atas salah satu penyebab penyakit parkinson adalah faktor keturunan, berikut beberapa penyebab lainnya :

1.    Lingkungan

Pemicu penyakit parkinson salah satunya karena paparan bahan kimia yang ada di  lingkungan sekitar seperti penggunaan pestisida atau herbisida. Apabila anda berada di lingkungan yang sehari-hari yang menggunakan kedua bahan tersebut maka sebaiknya lebih berhati-hati. Selain itu ada beberapa racun lain yang menyebabkan parkinson seperti karbon monoksida, sulfur, dan mangan.

2.    Usia

Semakin lanjut usia seseorang maka mempengaruhi produksi sel dan fungsi organ tubuh. Kerusakan sel mempengaruhi sistem penghantar dopamin yang mengatur gerak tubuh.

3.    Obat-obatan

Mengkonsumsi obat anti psikosa dalam jangka panjang seperti dalam obat skizofrenia atau paranoia berat yang bisa menghambat dopamin sel syaraf.

Ciri-ciri Penyakit Parkinson :

1.    Berkurang fungsi indra penciuman

Salah satu ciri atau gejala penyakit parkinson yaitu indera penciuman terganggu, hal ini bisa terjadi karena sel yang memproduksi dopamin terganggu sehingga pesan bau tidak sampai ke syaraf otak.

2.    Tubuh gemetar

Gejala umum yang dialami penderita parkinson adalah tubuh gemetar, tubuh gemetar biasa dialami orang normal namun tidak sesering yang dialami penderita parkinson. Gemetar terjadi pada kaki, tangan, rahang dan juga kepala. Gemetar biasanya terjadi ketika tidak melakukan aktivitas.

READ  Sudah Tahu, Manfaat Jeruk Nipis ?

3.    Gerakan tubuh lambat

Penderita penyakit parkinson biasanya sulit untuk memulai suatu gerakan karena mengalami kekakuan otot. Ketika berhasil melakukan gerakan justru akan merasa sulit untuk berhenti atau membalikan badan. Kontrol terhadap gerakan sulit dilakukan, bahkan gerakan atau ayunan tangan juga tidak seimbang dengan gerakan langkah. Selain itu, seorang yang menderita parkinson akan kesulitan menulis dengan normal, tulisan bisa terlalu besar atau terlalu kecil.

4.    Keseimbangan terganggu

Seseorang yang menderita parkinson sulit mengontrol keseimbangan tubuhnya. Sering jatuh atau saat berjalan akan condong ke depan sehingga cenderung bungkuk. Keseimbangan badan terganggu karena kekakuan gerakan tubuh yang disebabkan ketidakseimbangan saat bergerak atau saat diam.

5.    Kesulitan berekspresi

Wajah seorang penderita parkinson terlihat kaku dan datar, tidak mampu memberikan ekspresi secara normal, cara berbicara bisa menjadi lambat atau justru terlalu cepat.

Pengobatan Penderita Parkinson.

Setelah memahami penyebab penyakit parkinson, berikut adalah penanganan yang bisa dilakukan jika seseorang penderita parkinson yaitu melakukan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan dengan benar. Selain menggunakan obat-obatan yang membantu produksi dopamin, menyembuhkan penyakit parkinson juga bisa dilakukan dengan cara terapi fisik, terapi harus dilakukan secara rutin dengan ahli terapi berpengalaman. Atau dengan pengobatan herbal alami yang sudah banyak digunakan oleh banyak orang sebagai alternatif.

Produk herbal moment propolis adalah salah satu pengobatan yang bisa anda lakukan. Manfaat herbal momont propolis ini bisa anda coba untuk mengobati sakit parkinson anda saat ini. Pengobatan dengan moment propolis ini sudah banyak orang yang berhasil menyembuhkan penyakit mereka diantaranya adalah penyakit maag, penyakit amandel, penyakit diabetes, kanker, tumor dan masih banyak yang lainnya. Sedangkan uintuk harga herbal moment propolis ini kompetitif dengan produk sejenis lainnya yang banyak beredar dipasaran sehingga anda tidak perlu ragu untuk membeli produk moment asli yang satu ini

READ  Manfaat Kacang Kedelai Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Hindari penyebab penyakit parkinson dengan melakukan pola hidup sehat dan rajin berolah raga, biasakan mengkonsumsi makanan sehat sehingga produksi sel dalam tubuh berjalan normal. Hindari polusi dan terkena pengaruh lingkungan yang beracun. Selalu menggunakan masker untuk menghindari paparan zat kimia yang menyebar melalui udara