8 Manfaat Kedondong + 1 Yang Lagi Heboh

By | Maret 11, 2017

Manfaat kedondongSalah satu buah yang cukup pouler di kalangan masyarakat Indonesia adalah buah kendondong. Buah ini memiliki rasa yang masam namun memiliki sensasi segar jika kita memakannya. Dibalik rasanya yang masam terdapat didalamnya manfaat kedondong yang mungkin banyak orang belum ketahui.

Buah kendondong dapat dinikmati secara langsung ataupun dapat diolah terlebih dahulu. Namun kebanyakan orang lebih memilih menikmati buah kedongdong dengan cara diolah terlebih dahulu.

Olahan buah kedondong yang paling umum kita temui adalah menjadi bahan tambahan dalam pembuatan rujak. Selain diolah menjadi rusak masyarakat sekarang lebih berinovasi agar kedondong ini lebih awet dan berdaya jual lebih tinggi seperti diolah menjadi asinan, selai, manisan, jenang, dodol, dibuat menadi minuman seperti jus ataupun sirup.

Didalam buah kedondong ini terdapat berbagai kandungan seperti energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C. Bilamana kita mengkonsumsinya maka kita akan mendapatkan berbagaimacam manfaat kedondong yang mungkin sebagian orang belum ketahui. Sebenarnya ada banyak sekali manfaat yang ada dalam buah ini baik bagi kesehatan maupun kecantikan.

Inilah 8 Manfaat Kedondong

Manfaat kedondongManfaat kedondong diantaranya adalah :

1. Mengobati batuk
Manfaat kedondong yang pertama adalah mengobati batuk. Cara membuat kedondong sebagai obat batuk dengan cara kita mengupas buh tersebut kemudian kita parut dan kemuian kita peras dan air perasaan tersebut dapat kita minum tanpa perlu ditambahkan air lagi.

2. Mengobati sakit perut /diare
Manfaat kedongdong yang kedua adalah mengobati diare. Untuk mengobati sakit perut atau diare yang kita manfaatkan adalah kulit dari batang kedondong yang kita rebus kemudian kita ambil airnya.

3. Mengobati borok dan luka bakar
Selain buah dan kulit batangnya kita juga bisa memanfaatkan daun kedodndong sebagai obat borook ataupun luka bakar.

READ  Tips Cara Mengatasi Wajah Keriput

4. Menjaga sistem pencernaan
Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah kedondong yang mencapai 0,83 – 3,60 mg pada setiap 100 gr buah kedondong.

5. Cocok untuk diet
Bagi anda yang sedang berdiet kedondong juga dapat digunakan sebagai makanan untuk program diet anda hal ini dikarenakan kedondong mengandung lemak, protein dan karbohidrat dalam jumlah yang sedikit tapi bagi anda yang sedang diet disarankan untuk memilih buah kedodondong yang belum matang, karena kedondong yang belum matang sangat tinggi kandungan serat dan airnya.

6. Menjaga kesehatan mata
Adanya kandungan vitamin A dalam buah kedondong mampu menjaga kesehatan mata karena vitamin ini berfungsi melancarkan penyaluran obyek dari retina mata menuju ke otak.

7. Mampu mencegah penuaan dini dan mengendalikan kadar kolesterol
Kandungan vitamin C yang ada didalamnya mampu menjaga dari radikal bebas serta vitamin C juga membantu memetabolisme kolesterol menjadi asam empedu sehingga mampu mengurangi resiko kolesterol tinggi dan batu empedu. Radikal bebas juga bisa diatasi dengan suplemen moment glucogen. Manfaat glucogen ini mampu membuat tubuh menjadi tahan terhadap berbagai macam penyakit. Harga glucogen moment ini juga sangatlah terjangkau dan bisa dijangkau oleh banyak orang. Jadi, dengan perpaduan buah kedondong dan suplemen moment glucogen ini membuat anda menjadi kuat dan tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

8. Mengobati anemia
Manfaat kedongdong yang terakhir adalah membantu mengobati anemia. Kandungan zat besi didalam buah kedondong sangat baik untuk menambah energi sehingga anda dapat terbebas dari anemia.

Walaupun manfaat kedondong sangat banyak namun tidak banyak orang yang memilih mengkonsumsinya secara rutin karena mereka menganggap buah ini kalah bervitaminnya dari buah lain seperti jeruk, mangga, pisang, strawberry dll. Sehingga tidak ada salahnya kita mulai sekarang mempertimbangakan buah kedondong ini untuk dikonsumsi secara rutin.

READ  Cara Mengatasi Flek Hitam yang Efektif

Walaupun secara penampilan buah ini tidak semenarik dan tidak terlalu meyakinkan seperti buah lain yang memiliki banyak manfaat namun tidak ada salahnya kita mulai mencoba mengkonsumsinya untuk merasakan manfaat kedondong dan bila perlu kita juga mulai untuk membudidayakannya sendiri.