Manfaat Daun Jarak

By | Maret 27, 2017

Pernahkah anda tahu apa saja manfaat daun jarak ? Apabila belum, berarti anda sudah tepat untuk mengunjungi artikel ini. Daun jarak telah lama dikenal sebagai tanaman herbal yang sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Tanaman ini juga banyak dikenal sebagai apotek hidup karena manfaatnya dalam mengobati berbagai macam penyakit. Tanaman jarak juga menjadi rebutan di era penjajahan karena manfaatnya yang sangat beragam.

Manfaat daun jarak untuk pengobatan sendiri sangat beragam, mulai dari penyakit kecil hingga penyakit yang cukup serius. Daun jarak ini bahkan sudah dikembangkan sebagai bahan bakar. Mengingat manfaatnya yang beragam, tidak mengherankan apabila daun jarak telah dibudidayakan terutama pada akhir-akhir ini.

Inilah 8 Manfaat Daun Jarak

Untuk lebih mengetahui mengenai manfaat dari daun jarak, berikut akan dijabarkan satu per satu. Tanaman herbal yang satu ini bahkan bisa kita olah sendiri menjadi obat yang manjur untuk berbagai macam penyakit.

1. Manfaat daun jarak yang pertama adalah mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Kukus daun jarak yang masih segar dan konsumsi sebagai lalapan. Cara ini terbukti efektif dalam melancarkan buang air besar.

2. Kedua, daun jarak juga dapat digunakan untuk mengatasi panas yang diderita bayi. Ambil dua hingga tiga helai daun jarak bersih. Olesi menggunakan minyak makan baru. Panaskan di atas api kompor selama dua menit dan letakkan pada perut serta punggung bayi.

3. Daun jarak juga dapat mengobati kurap. Minyak jarak merupakan obat efektif dalam mengatasi berbagai masalah kulit termasuk kurap. Senyawa aktif dalam jarak ini bernama asam undesilenat dan dapat mengobati kurap. Cuci daun jarak dan rendam di dalam minyak kelapa lalu panaskan. Terapkan pada kulit yang terkena kurap lalu tutup menggunakan kain. Tunggu semalaman dan buka kemudian ulangi sampai sembuh.

READ  Gejala dan Penyebab Penyakit Tifus

4. Tidak banyak yang tahu bahwa daun jarak ternyata dapat pula digunakan untuk memperbesar ukuran alat vital pria. Ambil kira-kira sepuluh lembar daun jarak. Sediakan pula satu buah jeruk nipis serta minyak zaitun secukupnya saja. Tumbuk daun jarak bersama jeruk nipis. Lakukan pemijatan pada alat vital menggunakan minyak zaitun terlebih dahulu agar hangat. Lanjutkan dengan pemijatan menggunakan ramuan daun jarak.

5. Penyakit rematik pun dapat diringankan dengan menggunakan daun jarak. Sediakan daun jarak antara lima hingga delapan lembar. Tumbuk halus kemudian campurkan dengan sedikit air hangat. Oleskan pada bagian yang terkena rematik ataupun exim. Lakukan pengobatan ini hingga tiga kali sehari agar didapat hasil yang maksimal. Anda juga bisa mengobati reumatik dengan produk moment propolis. Manfaat obat moment propolis sangat ampuh untuk menyembuhkan penyakit reumatik dan sudah banyak yang merasakan khasiatnya.

6. Dalam penggunaan daun jarak, kita juga harus waspada terhadap efek samping yang mungkin ditimbulkannya. Termasuk dalam efek samping ini adalah reaksi kulit serta gangguan pencernaan. Minyak jarak dapat dipecah usus kecil untuk kemudian menjadi asam risinoleat dan menuju lapisan usus. Efek ini akan dapat meringankan sembelit namun dapat mengakibatkan rasa tidak nyaman serta diare.

7. Minyak jarak terutama harus dihindari penggunaannya apabila kita memiliki penyakit iritasi usus, kram, maag, wasir, radang usus atau baru menjalani operasi.

8. Minyak jarak tak jarang digunakan untuk membantu merangsang proses persalinan wanita. Namun hal ini juga memiliki efek samping yaitu mual-mual.

Daun jarak sendiri memiliki ukura besar dengan warna hijau kekuningan. Beberapa jenis daun jarak juga ada yang memiliki warna kemerahan. Tanaman jarak atau yang biasa disebut juga sebagai jarak pagar turut ditanam di pekarangan rumah. Manfaat daun jarak seperti yang dijabarkan di atas tak lepas dari kandungan aneka senyawa di dalamnya seperti quercetin, astragalin, kaempferol, nicotiflorin dan lain-lain.