Inilah Gejala dan Penyebab Penyakit Eksim

By | Oktober 4, 2016

penyebab penyakit eksim

Penyakit eksim adalah penyakit peradangan pada kulit yang menimbulkan efek lepuh atau gelembung kecil yang terasa perih dan sakit, lama kelamaan gelembung akan pecah dan mengeluarkan cairan. Sebelum mengetahui gejala dan penyebab penyakit eksim, kenali dulu ada 4 jenis penyakit eksim yang biasa terjadi yaitu :

1.    Dermatitis Atopic

Penyakit eksim jenis ini merupakan jenis eksim turunan, biasanya terjadi sejak bayi dan menjangkiti anak-anak. Gejala yang diterima yaitu gatal dan timbul peradangan pada kulit. Biasanya penderita juga mengalami demam hay dan asma.

2.    Eksim Nummular

Jenis eksim ini biasa menjangkiti tangan, lengan dan seputar telapak tangan, biasanya terjadi pada kulit yang kering.

3.    Dermatitis kontak

Dermatitis kontak adalah jenis alergi yang merupakan reaksi tubuh akan efek kekebalan yang tertunda akibat kulit menerima kontak dengan jenis senyawa alegenik. Peradangan biasanya terjadi dalam 48 jam setelah terjadi kontak. Biasa terjadi dalam kasus penggunaan kosmetik, parfum, pewarna rambut, sabun atau detergen.

4.    Eksim Statis

Eksim kronis yang terjadi pada kaki bagian bawah yang berhubungan dengan varises.

Gejala dan Penyebab Penyakit Eksim yang Umum Terjadi

Gejala eksim biasanya di tunjukan dengan tampilan kulit menjadi memerah, bersisik, terasa gatal bahkan tampak seperti peradangan. Eksim bisa terasa gatal atau tidak, reaksi gatal biasanya dirasakan malam hari. Eksim biasa terjadi di sekitar kaki atau lengan Untuk jenis eksim yang parah biasa terjadi di sekitar lutut, siku bahkan wajah, yang menimbulkan reaksi gatal parah.

Gejala dan penyakit eksim merupakan penyakit kulit yang bisa disebabkan karena efek kulit terlalu sensitif terhadap sentuhan bahan seperti bahan wol atau bisa juga karena dampak suhu yang terlalu dingin atau terlalu kering.

READ  Inilah Penyebab Wasir yang Tidak Anda Ketahui

Inilah Faktor Penyebab eksim.

Beragam gejala dan penyebab eksim dibedakan oleh 2 jenis eksim yang diderita, ada 2 Jenis eksim yaitu eksim kering dan basah. Eksim kering biasanya berupa peradangan memerah gatal dan bersisik, Eksim basah biasanya menimbulkan bintik bintik yang berisi cairan atau nanah dan biasanya terjadi pada bagian kulit yang kering.

Penyebab eksim bisa ditimbulkan oleh beberapa hal yaitu :

1.    Penyakit eksim kering biasanya ditimbulkan karena efek sentuhan senyawa atau bahan tertentu yang yang mengenai kulit secara langsung. Jenis benda yang bisa menyebabkan eksim yaitu kosmetik, detergen, perhiasan, bahan baju, atau beberapa jenis bahan yang menimbulkan efek alergi. Penyakit eksim kering biasanay menyerang seseorang yang memiliki jenis kulit sangat sensitif

2.    Penyakit eksim basan biasanya ditimbulkan karena efek alergi terhadap makanan atau infeksi pada saluran pernafasan. Penyakit eksim basah biasanya terjadi pada jenis kulit kering yang ditimbulkan karena efek trauma lokal akibat dari penggunaan atau pengaruh bahan kimia, efek gigitan serangga atau bekas luka lecet.

Beragam gejala dan penyebab eksim biasanya disebabkan oleh pengaruh dari lingkungan atau alergi yang di terima kulit namun kulit menolak untuk memberikan reaksi normal. Reaksi terhadap penyakit eksim yang paling menyakitkan diderita oleh anak-anak karena eksim bisa diderita oleh bayi dan anak-anak.

Bagi orang dewasa penanganan dengan menggunakan obat mungkin bisa meringankan rasa sakit dan bisa menahan efek sakit tersebut. Namun apabila terjadi pada anak-anak maka anak menjadi rewel dan menangis. Mengobati eksim bisa denga produk moment propolis. Manfaat produk moment propolis ini dibuktikan dengan kesaksian-kesaksian orang yang sudah mencoba dan merasak perubahan yang terjadi ada penyakit yang mere derita. Orang-orang yang memberikan kesaksian tersebut juga merasa bahwa harga produk moment propolis sangatlah murah karena selain mendapat manfaat produk mereka juga bisa menjalankan bisnisnya yang ditawarkan oleh perusahaan.

READ  Inilah Faktor Penyebab Sariawan Dimulut

Eksim tidak boleh di garuk. Karena akan melebar dan memperburuk rasa gatal dan luka anak. Penyembuhan eksim pada anak-anak lebih sulit karena reaksi gatal yang dirasakan anak biasanya memancing anak untuk menggaruk yang menyebabkan peradangan, bengkak bahkan pecah dan bernanah.