Inilah 8 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

By | Maret 1, 2017

Tomat seringkali salah dikira sebagai sayuran, walaupun ternyata masuk dalam kategori buah-buahan. Manfaat tomat sangat beraneka ragam bagi tubuh, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Buah yang biasanya berwarna oranye ini juga dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, mulai dari dibuat jus, diambil airnya, dijadikan bahan campuran dalam masakan, dan lain-lain.

Dalam tomat terkandung antioksidan alami yang bernama likopen. Antioksidan alami ini merupakan salah satu jenis yang terkuat dan dapat memerangi radikal bebas yang menyebabkan kanker. Kandungan lainnya yang terdapat dalam tomat antara lain adalah beta karoten, alfa karoten, kalori, lutein, gula, vitamin C serta vitamin A.

Inilah 8 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Dengan semua kandungan zat vitamin serta mineral yang ada di dalamnya, tidak heran apabila manfaat tomat sangat besar. Di antaranya adalah membuat kita terhindar dari berbagai penyakit hingga menghaluskan kulit.

1. Yang pertama, tomat bisa mencegah berbagai macam penyakit kanker. Ini karena adanya likopen dalam buah tomat. Kanker yang dapat dicegah di antaranya adalah kanker usus besar, kanker serviks, kanker rektum, kanker paru-paru, kanker perut, kanker pankreas, kanker ovarium, kanker prostat, kanker payudara hingga kanker kandung kemih. Dalam tomat juga terdapat zat yang bisa menjaga DNA dari terjadinya kerusakan yang bisa menyebabkan kanker. Asumsi ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya, namun likopen dalam tomat diyakini bisa melakukannya.

2. Dalam tomat juga terdapat potasium serta kalium. Peningkatan asupan kalium dan mengurangi natrium atau garam akan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Ekstrak tomat mengurangi tekanan darah tinggi yang masih dalam tahap ringan.

3. Tomat juga memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Manfaat ini diperoleh berkat kandungan serat, vitamin C, kalium, serta kolin. Meningkatkan kalium dan mengurangi asupan natrium akan sangat membantu dalam mengurangi resiko penyakit jantung serta pembuluh darah termasuk stroke. Kegunaan lainnya adalah menjaga massa otot supaya tidak hilang. Kalium juga dapat menjaga kepadatan tulang serta mengurangi resiko terbentuknya batu ginjal.

READ  Apa Saja Manfaat Buah Mentimun Untuk Tubuh ?

4. Likopen dalam tomat akan dapat meningkatkan kemampuan kulit dalam melindungi diri dari paparan sinar UV. Kulit akan tampak lebih awet muda serta bersinar cerah. Kolagen serta vitamin C di dalamnya juga akan mencegah kerusakan kulit, mencegah munculnya kerutan halus serta memperbaiki tekstur kulit. Tomat juga sering menjadi salah satu bahan kecantikan alami.

5. Konsumsi ekstrak tomat juga dapat mengurangi gejala asma pada penderita setelah atau juga selama olahraga.

6. Kandungan vitamin A dalam tomat membuatnya dapat mencegah penyakit katarak pada mata.

7. Tomat ceri dengan kandungan dua gram serat akan dapat mengurangi kadar gula dalam darah pada penderita diabetes tipe 1..

8. Tomat mengandung glutathione yang baik untuk kulit. Didalam buah tmat terdapat antioksidan glutathione yang sangat baik untuk kulit dan juga kesehatan tubuh. Gluatathione dalam tubuh anda bisa ditingkatkan dengan mengkonsumsi herbal moment glucogen dan juga buah tomat.

Perpaduan keduanya baik untuk tubuh. Manfaat herbal moment glucogen ini adalah sebagai produk yang ampuh untuk dapat mengatasi berbagai macam keluhan pada kulit sehingga dapat membuat kulit anda menjadi lebih cerah, kancang sehingga menjadi terlihat awet muda alami. Manfaat dan khasiat yang akan anda dapatkan dari produk moment glucogen ini sangat sebanding dengan harga herbal moment glucogen. Jadi, uang yang telah anda keluarkan menjadi tidak sia-sia.
Tidak hanya itu, konsumsi tomat ternyata juga bisa menguragi depresi serta mengatasi sembelit. Ini terutama karena kandungan serat yang tinggi dalam buah tomat sehingga bisa melancarkan buang air besar serta mencegah dehidrasi.

Beberapa manfaat yang tertulis di atas memang membutuhkan penelitian serta bukti yang lebih lanjut, namun melihat kandungan dalam tomat akan dapat mendatangkan aneka kebaikan bagi kesehatan serta kecantikan. Likopen dalam tomat akan dapat diserap dengan lebih baik oleh tubuh apabila tomat sudah dimasak serta diolah. Sehingga, disarankan untuk mengonsumsi tomat yang sudah diolah, bukan yang masih mentah. Tujuannya adalah agar kita bisa mendapat manfaat tomat secara lebih maksimal.