Gejala dan Penyebab Penyakit Tifus

By | Oktober 3, 2016

 

Tifus adalah penyakit yang di tunjukan dengan tanda-tanda pusing, sakit kepala dan perut kembung. Tifus diindikasikan sebagai gejala infeksi pada usus karena makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh terkontaminasi bakteri salmonella typhi. Penyakit ini banyak menjangkiti anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan bisa diderita oleh orang dewasa yang terbiasa makan atau minuman yang tidak higienis.

Gejala dan penyebab penyakit tifus sering diabaikan oleh seseorang karena dianggap penyakit biasa seperti mual atau pusing, penanganan yang terlambat bisa membahayakan bagi penderitanya.

Mengenali Gejala dan Penyebab Penyakit Tifus

Beberapa orang yang merasakan gejala penyakit tifus biasanya akan langsung memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisinya. Secara umum gejala dan penyebab penyakit tifus hampir sama dengan demam berdarah.

Seseorang akan dinyatakan menderita penyakit tifus setelah melakukan pemeriksaan laboratorium dan menemukan tanda sel darah putih dalam tubuh menurun. Ketika dilakukan pemeriksaan darah ditemukan kotoran dan urin terkandung bakteri Salmonella Typhi.

Berikut beberapa gejala penyakit tifus :

1.    Demam

Demam yang diderita seseorang yang menderita tifus bisa mencapai 39 atau 40ºC saat malam hari namun turun pada pagi dan siang hari. Demam seperti ini berulang selama 3 hari berturut-turut. Setelah mengalami gejala ini segera periksakan diri ke dokter.

2.    Diare

Pada beberapa kasus, tanda seseorang terkena tifus ditandai dengan mengalami diare atau justru sulit buang air besar. Hal ini disebabkan limpa dan hati penderita mengalami bengkak. Penderita akan merasa mual bahkan sering muntah. Selain itu ditandai juga dengan bercak merah pada dada atau perut. Hal ini yang menyebabkan dokter harus memastikan gejala yang dialami adalah sakit tifus bukan demam berdarah.

READ  Inilah Manfaat Mineral Bagi Tubuh Anda

3.    Tidak nafsu makan

Seorang yang mengalami gejala tifus akan merasa mulut pahit dan perut kembung. Hal ini yang menyebabkan seorang penderita tifus enggan mengkonsumsi makanan karena terasa hambar dan menimbulkan rasa mual. Seorang yang menderita tifus lalu kehilangan nafsu makan harus di tangani dengan serius karena seorang penderita tifus harus di jaga asupan gizinya.

4.    Pusing

Gejala lain yang dialami penderita tifus adalah merasa pusing dan kepala terasa berat. Hal ini disebabkan penderita tidak mendapat suplai oksigen yang cukup ke otak karena metabolisme tubuh terganggu.

5.    Persendian nyeri

Selain pusing dan mual, gejala lain yang patut dicurigai apabila menderita tifus adalah persendian atau otot terasa nyeri.

Penyebab penyakit tifus :

Gejala dan penyebab penyakit tifus perlu diwaspadai. Sakit tifus disebabkan oleh bakteri salmonella typhi yang hidup dalam saluran pencernaan hewan dan manusia. Mengkonsumsi makanan yang didalamnya terkandung bakteri tersebut bisa menyebabkan tertular penyakit tifus.

Bakteri yang masuk ke dalam tubuh manusia bisa dihalangi atau dikurangi HCL yang ada di dalam lambung. Namun salmonela typhi sulit dihambat apabila masuk dalam jumlah besar. Apabila bakteri bisa masuk ke lambung maka beresiko akan menyebar ke usus halus dan masuk melalui pembuluh darah. Melalui pembuluh darah ini bakteri bisa menyebar ke seluruh tubuh manusia.

Cara Mengindari Penyakit Tifus.

Cara menghindari gejala dan penyebab penyakit tifus dengan menjaga asupan makanan dan memilih makanan dan minuman yang bersih dan higienis. Hindari membeli makanan atau jajanan yang terindikasi memiliki kontak dengan lalat, tikus atau hewan yang mengandung bakteri salmonella typhi. Dengan asupan makanan yang bersih niscaya tubuh tetap sehat.

READ  Inilah Pantangan Makanan Untuk Penyakit Jantung

Cara Pengobatan Penyakit Tifus

Salah satu cara pengobatan tifus selain kedookter adalah dengan pengobatan produk herbal moment propolis. Khasiat produk propolis moment ini sangatlah banyak baik itu untuk menyembuhkan penyakit dan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh sehingga tetap sehat. Salah satu penyakit yang dapat disembuhkan adalah penyakit tifus. Herbal produk moment yang satu ini bisa anda dapatkan dari distributor moment yang memiliki id member agar produk moment yang anda dapat asli. Harga produk propolis moment dari member kepada non konsumen adalah Rp. 1.500.000,- per box.