Beberapa Cara Mengobati Penyakit Hernia

By | September 27, 2016

Cara Mengobati Penyakit Hernia

Cara mengobati penyakit hernia tergantung pada seberapa besar ukuran hernia yang dimiliki. Hal lain, tergantung pada seberapa serius gejala yang dialami penderita. Dokter bisa melakukan pemantauan apakah ada resiko terjadi komplikasi atau tidak.

Pengobatan juga tergantung pada jenis hernia yang diderita. Hernia umbilikus misalnya, yang hanya terjadi pada bayi dapat sembuh dengan sendirinya. Hernia jenis ini akan hilang seiring dengan bertambahnya usia bayi. Hernia memang harus ditangani secara medis karena pada beberapa kasus harus dilakukan operasi.

Jika hernia tidak diobati, hal mengerikan sangat mungkin terjadi. Sebagian dari usus bisa terjebak dalam dinding perut. Kondisi ini dapat menyebabkan sakit parah, mual dan juga sembelit. Hernia yang tidak diobati juga dapat jaringan disekitarnya nyeri dan bengkak yang disebabkan oleh tekanan dari hernia itu sendiri. Yang paling buruk adalah jika bagian usus yang terjebak tidak mendapatkan aliran darah yang cukup.

Artikel terkait : Penyebab hernia

Kondisi ini dapat membuat usus seperti tercekik, usus menjadi rentan terkena infeksi dan bila tidak ditangani jaringanya akan mati. Kondisi hernia yang seperti ini membutuhkan penanganan medis segera. Nah selanjutnya mari kita bahas mengenai cara mengobati penyakit hernia.

Beberapa Cara Mengobati Penyakit Hernia

Karena cara mengobati penyakit hernia sangat berkaitan dengan jenis hernia, maka sangat dianjurkan untuk lebih dulu berkonsultasi pada dokter sebelum memilih tindakan. Beberapa pilihan tindakan untuk mengobati hernia adalah:

1. Mengubah gaya hidup.

Mengubah pola makan sangat membantu mengobati hernia. Anda harus menghindari mengonsumsi makanan secara berlebih. Hindari berbaring setelah makan, atau membungkuk setelah makan. Obesitas juga dapat meningkatkan resiko hernia, jadi Anda harus menjaga berat badan Anda dalam rentang yang normal.

READ  Beberapa Faktor Penyebab Penyakit Lupus

Jika perubahan pola makan tidak mengurangi gejala hernia yang Anda rasakan, Anda mungkin perlu membicarakan dengan dokter untuk melakukan pembedahan. Hindari pula makanan yang dapat memicu rasa mulas dan makanan yang memicu kenaikan asam lambung. Hindari pula rokok, agar Anda tidak mengalami batuk.

2. Konsumsi obat.

Pada kasus hernia hiatal konsumsi obat dapat meredakan gejala dan menyebabkan rasa nyaman.

3. Konsultasikan atau berobat kedokter

Jika hernia makin membesar sehingga menyebabkan rasa sakit yang tidak tertahankan, tindakan operasi biasanya dilakukan oleh dokter. Dokter biasanya akan menambal lubang pada perut dengan menjahitnya. Jenis operasi yang dilakukan biasanya Laparoskopi. Laparoskopi adalah tindakan operasi menggunakan kamera kecil dan peralatan bedah mini.

Laparoskopi memiliki resiko minimal merusak jaringan sekitar area dimana hernia terjadi. Selain Laparoskopi, operasi terbuka juga dapat dilakukan. Namun operasi terbuka akan membuat penderita memiliki masa pemulihan yang lebih lama dibanding dengan Laparoskopi. Namun tidak semua jenis hernia cocok ditangani dengan Laparoskopi sehingga yang terbaik adalah mengikuti anjuran dokter dalam hal ini.

4. Dengan herbal propolis moment.

Manfaat produk propolis moment mampu mengobati penyakit hernia anda sampai tuntas sehingga anda bisa terbebas dari penyakit tersebut yang selama ini menggerogoti tubuh anda. Produk moment propolis ini diuat 1000% murni herbal jadi aman untuk anda konsumsi dan tanpa efek samping karena sudah memiliki ijin BPOM. Produk moment propolis juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit lainnya selain hernia yaitu menyembuhkan asam urat, menyembuhkan amandel, menyembuhkan wasir, menyembuhkan asam urat dan penyakit lainnya.

Harga produk propolis moment sendiri bisa dibilang sebanding dengan manfaat dan khasiat produk moment yang akan dirasakan oleh tubuh anda.  Jadi, produk moment propolis bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi penyakit hernia anda.

READ  Inilah Pantangan Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Sangat penting untuk mengenali gejala hernia sejak dini. Hal ini memang agak sulit karena gejala hernia umumnya sangat samar. Anda dituntut untuk memperhatikan secara teliti tubuh Anda. Pada kasus hernia tertentu seperti hernia hiatus, gejala yang muncul sebagai nyeri ulu hati bisa dikatakan sebagai tanda yang cukup jelas.

Pada kasus hernia inguinalis gejala berupa benjolan yang dapat samar atau hilang-muncul pada saat penderita berbaring dan bangkit. Begitu pentingnya mendeteksi hernia sedari dini agar dapat menentukan cara mengobati penyakit hernia dengan tepat. Selain itu juga karena hernia tidak bisa sembuh dengan sendirinya kecuali hernia umbilikus. Selain hernia umbilikus butuh bantuan medis untuk menyembuhkan hernia.