Beberapa Cara Mengobati Eksim yang Tepat

By | Oktober 4, 2016

 

Eksim terbagi atas 2 jenis yaitu eksim basah dan eksim kering. Eksim basah biasanya eksim yang menempel pada kulit dengan bintik-bintik yang berisi cairan atau nanah. Eksim basah biasa terjadi pada kulit kering. Sedangkan eksim kering biasanya terjadi pada kulit yang berkeringat, menimbulkan efek kulit memerah, bersisik dan menimbulkan rasa gatal pada kulit. Beberapa faktor yang menyebabkan penyakit eksim seperti alergi terhadap zat kimia, makanan, jenis perhiasan, parfum, kelembaban udara dan debu. Eksim juga bisa disebabkan oleh trauma atau luka lokal seperti luka bakar, terkena minyak panas, luka knalpot, penyakitt cacar, biduran atau dampak lain yang menimbulkan luka pada kulit. Cara mengobati eksim bisa dengan cara tradisional atau menggunakan cara modern dengan mengoleskan salep.

Penderita eksim harus bisa melakukan pantangan makanan agar mengindari penyakit eksim semakin parah atau meradang lebih luas. Hindari makan makanan telur, ikan, udang, kacang-kacangan, susu sapi dan jenis seafood terutama kerang. Bagian kulit yang terkelupas karena penyakit eksim bisa diobati dengan menggunakan minyak zaitun. Konsumsi makanan sehat dan sayur sayuran hijau baik untuk menjaga kekebalan tubuh dan menghindari penyakit eksim. Apabila kulit sudah menderita penyakit eksim, segera tanggulangi dengan cara mengobati eksim.

Cara Mengobati Eksim Dengan bahan Alami

Pengobatan eksim bisa dengan cara herbal atau cara konsultasi ke dokter untuk mendapatkan salep untuk dioleskan pada luka eksim. Berikut cara mengobati eksim dengan cara tradisional menggunakan bahan herbal yaitu :

Eksim Basah

1.    Minyak kelapa.

Minyak kelapa bisa dijadikan obat eksim basah dengan mengoles minyak pada luka eksim, minyak kelapa yang digunakan bisa minyak kelapa buatan sendiri atau beli yang sudah jadi.

READ  Beberapa Cara Mengobati Penyakit Hernia

2.    Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung vitamin E yang baik untuk kulit, cara menggunakan lidah buaya dengan mengoleskan gel atau lendir lidah buaya pada luka eksim sampai sembuh.

3.    Daun kayu putih

Daun kayu putih banyak khasiatnya salah satunya untuk mengobati eksim. Caranya cuci daun kayu putih lalu tumbuk. Oleskan tumbukan daun kayu putih pada luka eksim sampai kering dan bersihkan dengan air dingin.

4.    Temulawak

Temulawak mudah ditemukan di pasar tradisional, cara meracik temulawak cukup menghancurkan bahan lalu dioleskan pada luka eksim basah.

Eksim Kering

1.    Bawang putih

Tumbuk bawang putih tanpa kulit lalu oleskan pada luka eksim kering secara teratur sampai sembuh.

2.    Daun asam muda

Caranya cukup menempelkan tumbukan daun asam muda pada luka eksim kering.

3.    Biji mahoni

Hancurkan biji mahoni lalu campurkan dengan sedikit air. Oleskan pada luka eksim kering sampai kering lalu bilas lembut.

4.    Daun sirih

Sama seperti cara pengobatan eksim yang lain, cukup tumbuk daun sirih dan tempelkan pada luka eksim.

Eksim Basah dan Kering

1.    Dengan moment propolis

Khasiat moment propolis dapat mengobati eksim anda sampai sembuh tentunya dengan ikhtiar dengan produk ini. Produk moment asli yang satu telah berijin BPOM dan dibuat dengan standart GMP. Harga moment propolis juga terjangkau bagi beberapa kalangan. Anda bisa membeli moment propolis ini dari kami distributor moment PT Moment Global International.

Cara Penanganan Lain untuk Mengobati Eksim.

Selain beberapa cara di atas, cara mengobati eksim dengan menggunakan salep obat eksim atau bisa dengan cara mengompres luka menggunakan air dingin. Cara lain bisa dengan menggunakan antibiotik, fototerapi atau kortikosteroid. Selanjutnya tinggal bagaimana penderita penyakit eksim memilih cara pengobatan yang paling tepat dan cepat sehingga tidak menderita gatal akibat eksim berkepanjangan. Selain itu eksim juga sangat mengganggu karena penderita harus hati-hati agar luka tidak terkena debu atau dampak buruk polusi. Penampilan juga menjadi terganggu dan menghilangkan kepercayaan diri saat orang lain melihat luka eksim pada tubuh kita.

READ  Cara Mengatasi Wasir yang Efektif