Bagaimana Cara Mengobati Anemia yang Tepat ?

By | September 28, 2016

 

Anemia adalah suatu keadaan dimana terjadi kurangnya darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Komponen darah ini tidak memiliki kadar hemoglobinyang cukup karena rendahnya asupan zat besi. Penyebab anemia bisa karena diet makanan rendah zat besi atau vegertarian. Zat besi yang didapatkan dari sayuran tidak mampu diserap sebaik kandungan besi yang terdapat pada daging.

Cara mengobati anemia bisa dengan mengkonsumsi suplemen, konsumsi juga jus jeruk dan makanan yang kaya kandungan vitamin C. Saatmengkonsumsi suplemen jangan dengankopi, atau teh karena dapat menghalangi absorbsi vitamin.

Beberapa makanan yang mengandung besi adalah daging merah, hati, ikan, tahu, kacang-kacangan, buah-buah dan sayuran hijau,. Konsumsi makanan tinggi kandungan vitamin B12 dan asam folat adalah telur, produk susu, bayam dan pisang.

Bagaimana Cara Mengobati Anemia Dengan Tepat ?

Umumnya penderita anemia kenali gejala awal yang menyebabkan penyakit anemia. Gejala anemia umumnya muka pucat, kekelahan, lemas, nyeri kepala dan mudah letih. Namun apabila gejala sudah parah bisa menyebabkan pingsan. Sebelum mengetahui cara mengobati anemia, ada baiknya kenali dulu gejala-gejala anemia yaitu :
1.    Terlihat letih, lesu, lemas
2.    Wajah pucat
3.    Mudah merasa lelah
4.    Selaput darah mata terlihat pucat
5.    Telapak tangan terlihat memutih
6.    Kuku kaki dan tangan terlihat lebih pucat
7.    Telinga berdengung
8.    Sering merasa sakit kepala
9.    Saat melakukan aktivitas sering merasa sesak di dada
10.    Gangguan sakit haid
11.    Rambut menipis dan lebih halus
12.    Elastisitas kulit menurun
Cara mengobati anemia bisa dengan memberi asupan zat besi yang cukup di dalam darah, makan-makanan yang mengandung unsur hewani seperti pada daging dan hati sapi, berikut sebagian besar asupan makanan yang bisa mengobati anemia :

READ  Inilah Beberapa Faktor Penyebab Diabetes ?

1.    Mengkonsumsi daging

Konsumsi daging atau unsur hewani baik untuk mengobati anemia. Kandungan hewani yang cocok untuk mengatasi anemia dengan mengkonsumsi daging kambing. Selain daging, konsumsi juga seafood yang memiliki banyak kandungan B12, Zat besi, dan mengandung asam folat. Asam folat baik untuk meningkatkan produksi sel darah merah.

2.    Konsumsi sayuran hijau

Sayuran hijau sangat baik untuk meningkatkan asupan zat besi bagi tubuh. Beberapa sayuran yang sudah dipercaya mampu mengobati anemia antara lain kol, bayam, kangkung dan kubis.

3.    Konsumsi kacang-kacangan

Kacang-kacangan mampu membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah.

4.    Bawang merah dan telur

Cara mengatasi anemia menggunakan bawang merah dengan telur yaitu rebus bawang merah dahulu lalu masukan kuning telu, selanjutnya kedua rebusan tersebut bisa dimakan untuk mengobati anemia.

5.    Buah-buahan

Buah-buahan kaya nutrisi dan vitamin, dengan mengkonsumsi buah-buahan dipercaya bisa mengobati anemia.
Makanan yang baik untuk penderita anemia.

6.    Dengan produk moment PT Moment Global International

Produk moment PT Moment Global International yang bisa anda konsumsi untuk mengobati anemia anda adalah herbal produk propolis moment. Produk ini terbukti dan sudah banyak yang merasakan keampuhannya dan mereka yang sudah mengkonsumsinya sebagian besar puas akan manfaat dan khasiat moment propolis. Produk ini aman untuk dikonsumsi dan tanpa efek samping bagi tubuh anda tidak seperti obat medis yang memiliki  efek samping. Mereka yang telah merasakan khasiat produk moment ini merasa bahwa harga herbal propolis moment yang dibeli oleh mereka sebanding dengan manfaatnya. Jadi, ini membuktikan bahwa moment propolis adalah produk herbal yang bisa anda andalkan untuk menyembuhkan penyakit anemia anda dan juga penyakit lainnya.

READ  Beberapa Hal Penyebab Stroke Banyak Orang

Cara mengobati anemia antara lain dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan bergizi antara lain
1.    Kerang, remis dan tiram
2.    Hati sapi dan daging sapi
3.    Jenis makanan seafood seperti caviar, makarel, gurita, ikan tuna, salmon, ikan cos, sarden, kepiting dan lobster
4.    Daging domba dan daging kambing
5.    Keju
6.    Telur
Kunci penyembuhan anemia adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mampu memberikan asupan zat besi untuk sel darah merah. Selain itu perhatikan dan pelihara pola hidup sehat, membiasakan diri melakukan olahraga ringan membantu melancarkan peredaran darah. Hindari pola tidur yang kurang dan bantu dengan mengkonsumsi suplemen penambah darah saat gejala anemia menyerang.