6 Manfaat Kol Yang Perlu Anda Ketahui

By | Februari 27, 2017

manfaat kolKali ini akan dibahas secara lengkap mengenai beragam manfaat kol. Ya, pastinya kita sudah tak asing lagi dengan yang namanya kol, bukan? Biasanya kol disebut atau dikenal dengan sebutan kembang kol. Namun, juga banyak orang yang menyebutkan sebagai kol atau kubis.

Kol atau kubis ini merupakan salah satu jenis dari sayuran hijau yang biasanya digunakan untuk beragam olahan makanan. Jadi, kol tidak hanya dijadikan sebagai sayuran saja. Ada beragam makanan yang bisa diolah dengan menggunakan kol. Seperti misalnya sayur sup atau sup. Selain itu, kol juga sering dijadikan salah satu sayuran di dalam salad.

Bagi masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya, mereka lebih menyukai kol dengan dikonsumsi sebagai lalapan. Kol merupakan teman yang cocok untuk dimakan bersama sambal dan sayur lainnya. Namun, selain sering dimanfaatkan sebagai olahan makanan, kol ini ternyata memiliki beragam manfaat lainnya yang pastinya sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Sayangnya belum banyak masyarakat yang tahu akan banyaknya manfaat kol yang satu ini. Namun, benarkah jika kembang kol ini tidak baik dikonsumsi oleh orang-orang yang mengidap maag? Ya, memang benar bahwa kembang kol ini kurang baik dimakan berlebih oleh orang-orang yang memiliki penyakit maag. Perlu dicatat bahwa jika berlebih, jadi jika hanya makan sedikit atau sewajarnya saja tidaklah masalah.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa ada beragam manfaat kol. Kol sebagai salah satu jenis sayuran ini memiliki serat yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Kol ini sendiri masuk ke dalam jenis capitata. Bentuknya adalah bulat, padat, dan bewarna hijau.

Selain kaya akan serat, kandungan yang ada di dalam kol sendiri antara lain yaitu vitamin A, vitamin B kompleks, kalium, zat besi, asam folat, dan sebagainya. Dengan mengkonsumsi secara rutin kol ini, dapat bermanfaat untuk membantu proses metabolisme di dalam tubuh berjalan dengan baik. Nah, selanjutnya kita cari lebih banyak lagi manfaat dari kembang kol ini antara lain yaitu

READ  Inilah Penyebab Sakit Demam Pada Umumnya

6 Manfaat Kol Yang Perlu Anda Ketahui

manfaat kol

1. Mencegah kanker

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kandungan gizi yang ada di dalam kol dapat membantu untuk mencegah kanker. Zat-zat di dalam kol dapat merangsang enzim untuk menekan laju pertumbuhan dari sel tumor.

2. Membantu untuk pembentukan sel darah merah

Adanya kandungan zat besi di dalam kol dapat bermanfaat untuk proses pembentukan sel darah merah. Dengan begitu dapat membantu terhindar dari anemia.

3. Membantu mengontrol tekanan darah yang tinggi

Kandungan kalium yang kaya di dalam kol dapat bermanfaat untuk membantu mengurangi hipertensi atau darah tinggi.

4. Detoksifikasi tubuh

Kaya akan vitamin C yang ada di dalam kol dan juga sulfur dapat membantu untuk menghilangkan radikal bebas di dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa radikal bebas inilah yang menimbulkan remati, asam urat, dan sebagainya.

5. Dapat membantu untuk menurunkan berat badan

Bagi yang sedang menjalankan diet, ada baiknya untuk memasukkan kol sebagai salah satu menu diet. Kol memiliki tinggi akan mineral, zat besi, vitamin C, dan lainnya, termasuk serat. Sehingga sangat cocok untuk menu sehat diet.

6. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan glutathione yang terdapat didalam kol ini sangat baik untuk menjag kesehatan kulit. Selain kol, anda bisa meningkatkan glutathione dalam tubuh anda dengan mengkonsumsi glucogen moment. Khasiat moment glucogen sangatlah banyak. Selain menjaga kesehatan kulit, moment glucogen juga sangat baik untuk membuat kulit menjadi lebih halus, kencang dan juga cerah. Harga produk moment glucogen ini sangat beragam dipasaran. Anda tinggal memilih dan membandingkan agar bisa mendapatkan sesuai dengan yang anda inginkan.

Nah, itulah beberapa manfaat kol yang ada banyak sekali. Jadi, tak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsinya. Namun, penting untuk diperhatikan selalu mencuci bersih kembang kol saat akan dikonsumsi terutama jika ingin dimakan mentah seperti misalnya untuk lalapan.